Oleh: Rere Nia Achmad for Nimas Putri Sabdojati | September 10, 2009

Zakat Membukakan Pintu Kemurahan-Nya

Aidah, Pengajar Senam

Publikasi : Majalah Al Falah, Januari 2009

”Zakat autaupun shadaqah bukan hanya membersihkan harta. Tapi, manfaatnya juga bias menyelamatkan kita dari kesulitan dan cobaan. Saya sering membuktikan itu, “ kata Aidah.

Sama seperti orang pada umumnya, saya pun hidup dengan banyak cobaan. Sejak anak pertama hingga ke empat lahir, untuk kebutuhan sehari-hari saja sering kesulitan. Tapi ujian tersebut saya pandang sebagai tanda sayangNya untuk menguji tingkat keimanan kita. Dan Alhamdulillah, cobaan-cobaan itu bisa saya lewati dengan pertolongan Allah juga. Mungkin juga pertolongan itu dating dari doa-doa orang yang menerima bantuan saya. Sekalipun tak punya uang, saya selalu berusaha beramal setiap hari. Tak harus uang, namun tenaga atau pikiran juga bisa.

Saya berkeyakinan bahwa hidup adalah ibadah. Karena hidup hanya sementara sebisa mungkin saya dan keluarga saya berbuat baik kepada orang lain. Zakat yang berasal dari gaji, honor senam atau rezeki lain yang saya terima wajib saya sisihkan sebagiannya untuk disalurkan kepada yang membutuhkan.

Yakinlah, bahwa Allah akan membantu kita kalau kita mau memperjuangkan agamaNya. Dan benar adanya, janji Allah itu saya rasakan sendiri. Seringkali saya merasakan kemudahan di saat halangan membentang di hadapan saya. Pernah suatu ketika saya punya masalah keuangan. Tapi diluar dugaan tiba-tiba bantuan dating. Saya yakin apabila kita melakukan apapun dengan hati ikhlas, Allah akan membalas keikhlasan itu dengan balasan yang berlipat-lipat.

Ajak Anak Sisihkan Uang

Pengalaman itu coba saya ajarkan kepada anak-anak. Mereka saya biasakan untuk menyisihkan sebagian rezeki yang mereka terima. Alhamdulillah, mereka akhirnya terbiasa. Sama jyga seperti yang saya lakukan, meski tidak punya uang,minimal mereka melakukannya dengan hal lain seperti memberi kebaikan kepada orang lain.

Sebagai instruktur senam saya berusaha mengajak mereka untuk berdzikir lewat senam. Dengan begitu, saya dan Insyaallah anggota senam yang lainbisa saling mengingatkan dalam hal kebaiakan. Saya yakin bila kita ingat dan mau menjalankan kewajiban kepada Allah,Insyaallah pertolongan itu akan mudah dating. Terlalu banyak kemurahan dari-Nya yang telah saya rasakan. Seakan-akan tidak kata-kata yang mampu mewakillinya.

Yang saya rasakan saat ini semakin banyaknya kesempatan yanga dibuka Allah untuk saya. Kalau bukan karena keridhaan-Nya semua tidak akan bias terjadi. Apa-apa yang saya terima dan saya usahakan sekarang merupakan ridhaa-Nya. Apa ini terjadi semata-mata karena zakat atau shadaqah yang saya lakukan. Hanya Allah yang tahu. Saya hanya berusaha menjalankan kewajiban dan perintah-Nya semata.


Tinggalkan Balasan

Kategori

