Oleh: Rere Nia Achmad for Nimas Putri Sabdojati | April 6, 2011

Aidah : Berbuat Untuk Orang Lain

Menolong orang lain tidak hanya membutuhkan kemampuan untuk membantu, tapi lebih dari itu, rasa ikhlas yang membuat usaha membantu itu menjadi ringan. Hal itulah yang dirasakan Aidah. Setiap hari membantu orang lain dengan kemampuannya menyembuhkan berbagai penyakit secara alternatif menyita waktu dan menguras tenaga. Namun Aidah melakukannya dengan senang hati. Jika orang lain sembuh dari sakitnya, itu adalah kepuasan yang menjadi penghilang rasa lelah. Baginya, semua yang dilakukan dengan niat karena Allah SWT akan menjadi menyenangkan dan mudah.
Kemampuan Aidah menyembuhkan berbagai penyakit medis dan non medis dengan melakukan transfer energi didapatkan sejak kecil. Putri pasangan Muchayah dan Abdul Khamid (alm) mengasah kemampuan itu secara bertahap. Meski sudah bisa mengobati penyakit beberapa orang terdekatnya, Aidah masih belum percaya diri untuk melakukan pada orang lain. Pada tahun 2000, Aidah mempelajari ilmu senam aerobik dan menjadi instruktur senam. Tiga tahun kemudian, barulah istri Budi Wahono ini berani mengobati orang lain yang memiliki keluhan penyakit. Ia tidak hanya mengobati masyarakat umum dari segala kelas sosial, tapi juga para pejabat di lingkungan pemerintahan.
Kemampuan mengajar senam aerobik dan mengobati penyakit dengan transfer energi ini memberinya jalan petunjuk untuk menggabungkan dua keahlian itu. Jadilah Aidah instruktur senam yang mengajarkan senam aerobik alternatif. Dari kemampuan yang unik inilah, tahun 2005 Aidah meraih Posmo Award kategori Energi Penyembuhan Lewat Gerakan Senam.
Seiring dengan prestasi itu, karir Aidah semakin gemilang. Tapi, bukan penghargaan dan gelimang harta yang dicari, Aidah tetap rendah hati dan rela menyembuhkan penyakit orang lain tanpa imbalan sepeser pun. Menurut Aidah, kemampuan menyembuhkan itu suatu anugerah dari Allah SWT yang tidak boleh dibandrol dengan uang, kecuali senam aerobik. Sebab, Aidah mengakui, dalam mengikuti pelatihan senam aerobik, anggota Persit Kartika Chandra Kirana Kecamatan Balong Bendo Sidoarjo ini harus mengeluarkan sejumlah biaya kursus yang tidak sedikit. Untuk kemampuan senamnya, ia mengikuti sekolah senam tingkat dasar dan tingkat terampil, sekolah senam body language, senam sex exercise, dan sekolah senam yoga.
Setiap hari Aidah menghabiskan waktunya untuk mengajar senam dan memberikan pengobatan. Tak sedikit pula Aidah diminta menjadi instruktur tamu diberbagai kegiatan senam yang diselenggarakan pemerintah maupun pihak swasta. Namun, kesibukan itu tidak membuatnya kehilangan waktu bersama keluarga yang setia memberikan dukungan dan doa. Disaat senggang Aidah lebih banyak berkumpul dengan anak-anaknya untuk melakukan musyawarah dan evaluasi. Aidah juga menyempatkan untuk berlatih gerakan-gerakan baru.

Wanita bagi lingkungannya

Seiring dengan bertambahnya tumpukan jadwal mengajar senam dan melakukan pengobatan, Aidah terpikir untuk membentuk sebuah wadah bagi penghobi senam aerobik alternatif. Tahun 2008, Aidah mendirikan senam aerobik alternatif Nimas Putri Sabdojati. Komunitas yang memiliki tujuan untuk memberi manfaat kepada sesama ini diresmikan pada 15 November 2008 dengan anggota awal lebih dari 100 orang.
Hingga saat ini, sudah banyak kegiatan olahraga dan kegiatan sosial yang dilakukan Aidah bersama komunitasnya. Kebersamaan yang dipupuk dari setiap pertemuan membawa rasa memiliki anggota satu dengan lainnya. Disetiap kegiatan yang dilakukan Aidah, tidak sedikit para anggota menemani dan mendukung langkahnya. Aidah pun juga tidak pernah berhenti untuk membantu anggotanya yang sedang sakit ataupun sedianya menjadi konsultan untuk urusan pribadi maupun rumah tangga anggota.
Aidah menjadi wanita yang sibuk diluar rumah tanpa meninggalkan tugasnya sebagai istri yang menemani tugas suami dan ibu bagi Sandhi Al Mizan, Ilham Dio Wijaya, dan Diki Arga Alshirath. Kegigihan dan kesetiaan Aidah menjalani profesi mengantarkan dirinya dan anak-anaknya meraih cita-cita. Anak sulung Aidah berhasil menjadi tentara Angkatan Udara Republik Indonesia. Tahun 2009, Aidah menjadi salah satu wanita yang dinilai memiliki kepekaan sosial di masyarakat dan berhak mendapatkan Kirana Award. Meski aktivitasnya sudah diakui dari penghargaan yang diterima, wanita yang ingin membantu kepada siapapun yang membutuhkan ini masih memiliki keinginan untuk bisa mendirikan panti asuhan dan panti jompo.
Apa yang dilakukan Aidah adalah salah satu bukti bahwa kesetaraan gender bisa membawa kebaikan bagi wanita itu sendiri. Asalkan, menurut Aidah, wanita harus bisa menempatkan karier, pendidikan dan keluarga secara seimbang, setara dan sejalan. Agar bisa menjadi pribadi yang sukses, wanita harus bisa menonjolkan wibawanya, tanggung jawab, rasa keibuan untuk menjadi panutan anak-anak, dan bisa berbuat adil serta bijaksana.

BIODATA

Nama Asli : Aidah
Nama Populer : Aidah
Tempat / tanggal lahir : Surabaya, 29 Juni 1968
Alamat rumah : Perum Taman Surya Kencana, Venus B-28
Grogol, Tulangan, Sidoarjo
Alamat kantor : Mandiri Residence Blok E 4/7 Krian, Sidoarjo
Telepon – faksimile : (031) 8986080, (031) 8977774
Mobile phone : (031) 71605621, 087851424706, 081330476806
E-mail : sporty_aidah@yahoo.com
Nama suami : Budi Wahono
Nama anak : 1. Sandhi Al Mizan (20)
2. Ilham Dio Wijaya (18)
3. Diki Arga Alshirath (15)

Riwayat Pekerjaan :
1. Koordinator senam dan instruktur Kec. Balongbendo (2000 – sekarang)
2. Koordinator senam dan instruktur Kec. Prambon (2006 – sekarang)
3. Staf koordinator aerobik Sindo Fitness & Aerobik (2007 – sekarang)

Riwayat Organisasi :
1. Ketua PKK RT 08 RW 06 Perum Taman Surya Kencana (2010)
2. Sekretaris Persit KCK Ranting XI Balongbendo (1998 – sekarang)
3. Anggota APPSI Sidoarjo (2005 – sekarang)
4. Pendiri dan Ketua Komunitas Nimas Putri Sabdojati (2008 – sekarang)

Penghargaan :
1. Posmo Award Supranatual dan Spiritual kategori Energi Penyembuhan Lewat Gerakan Senam (2005)
2. Kirana Award sebagai aktivis sosial (2009)

Sumber : Buku Bunga Rampai Wanita Pilihan Jawa Timur 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: